Pada umumnya dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air cukup mengkhawatirkan apalagi jika intensitas jumlah polutan di dalam air sudah sangat banyak dan terlampau di ambang batas. Berikut adalah beberapa dampak yang akan muncul dari adanya pencemaran air :

  1. Munculnya pertumbuhan ganggang dan juga tumbuhan air sebagai parasit yang sangat pesat. Hal ini tidak baik karena bisa menganggu berbagai aktivitas manusia misalnya menghambat saat menjaring ikan dan lainnya.
  2. Kehidupan organisme dan ekosistem yang ada di dalam wilayah air tercemar tersebut akan mengalami gangguan bahkan kerusakan karena kadar oksigen di dalam air menjadi berkurang drastis.
  3. Jika terjadi penumpukan limbah atau sampah dalam jumlah cukup besar di dalam air maka bisa menyebabkan pendangkalan air baik itu di danau dan sungai dan hal ini sangat berbahaya terutama jika musim hujan karena bisa menimbulkan banjir.
  4. Dalam jangka panjang jika air tersebut terus dikonsumsi maka dapat menyebabkan resiko terkena berbagai penyakit kanker dan juga resiko bayi cacat lahir.
  5. Menyebabkan terjadinya kepunahan pada berbagai biota kuno diantaranya seperti plankton hingga spesies burung.
  6. Terjadinya mutasi sel di dalam tubuh yang akan menyebabkan kanker dan leukemia.
  7. Pencemaran air ini juga mampu menyebabkan erosi
  8. Kekurangan sumber daya air yang bersih yang aman dikonsumsi oleh manusia
  9. Menyebabkan  penyebab tanah longsor
  10. Menjadi sumber dari berbagai jenis penyakit yang serius
  11. Jika pencemaran air menggukana peptisida yang ditujukan untuk membunuh hama namun jika dilakukan secara berlebih maka bisa juga membunuh hewan dan tumbuhan lain yang ada disekitarnya padahal mereka ini memiliki fungsi yang sangat baik.

Penanganan Pencemaran Air

Akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air ini sangat merugikan dan berbahaya baik itu bagi kesehatan maupun bagi kelangsungan ekosistem. Oleh sebab itu pencemaran air harus dicarikan jalan keluar supaya tidak terjadi kembali sehingga ekosistem dapat berlangsung seperti seharusnya. Berikut adalah beberapa upaya penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran air: