Berikut ulasan tentang berbagai penyakit yang timbul akibat dari mengkonsumsi air kotor dan sudah tercemar

Penyakit yang sering muncul akibat dari meng-konsumsi air tercemar adalah diare. Penyakit ini disebabkan karena air tersebut telah tercemar oleh bakter coliform dan Fecal coli. Gejala Diare sering disertai sakit perut, dehidrasi, dan mual. Jika tidak lekas diobati, diare bias menyebab kan penyakit yang lebih parah yaitu gangguan fungsi ginjal yang menyebabkan kematian.

Tidak sedikit di sejumlah tempat, pada sungai – sungai dan sumber air dijadikan sebagai tempat untuk memandikan hewan ternak seperti sapi atau pun kerbau. Jika air tersebut di konsumsi, ini bias berakibat fatal bagi kesehatan sebab air yang tercemar oleh kotoran hewan bias menyebabkan flu biasa dan gejala tingkat tingginya seperti pusing, pucat, dan berubahnya warna air kencing. Penyakit ini disebut dengan Leptospirosis.

Mutaber merupakan penyakit diare yang disertai muntah. Penyakit ini juga dapat menjadi momok seseorang jika ia meng-konsumsi air yang tercemar oleh bakteri E-Coli. Penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti buang air terus-menerus, muntah, dan kejang pada perut. Jika secepatnya tidak bias diatasi, penderita bias terkena penyakit yang lebih berbahaya yaitu tifus dan kanker usus.

Penyakit lainnya yang timbul dari meng-konsumsi air yang tercemar adalah kolera. Penyakit yang dibawa oleh bakteri Vibrio Cholerae ini sangatlah berbahaya. Gejalanya seperti diare cair namun secara tiba-tiba dapat menyebabkan kematian karena kekurangan cairan yang parah dan gagal ginjal pada sipenderita.

Di sisi lain, di dalam air tentu banyak kandungan mineral ,sebagai contoh adalah bahan kimia seperti senyawa kimia benzena. Apabila kandungan senyawa ini cukup tinggi di dalam air minum, seseorang yang mengkonsumsinya bias terserang penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan.